Kami memiliki dua blog khusus untuk buku sastra, terutama buku-buku sastra yang tak ada di toko buku:

1. http://pustakapelabuhan.blogspot.com/ -berisi info2 buku sastra yang bisa dipesan langsung ke penulisnya. Anda bisa memberikan info buku2 sastra yang sedang terbit lewat dinding Indrian Koto atau Jualan Buku Sastra.

2. http://jualbukusastra.blogspot.com/. Berisi daftar buku yang bisa dipesan kepada kami secara langsung. Anda bisa bekerjasama dengan kami dalam distribusi kecil-kecilan.

Saturday, August 6, 2011

Sepilihan Karya (Rupa) Abu Bakar

Pelukis             : Abu Bakar
Pemilih karya  : Nur Wahida Idris & M. Yusuf Siregar
Fotografer       : Patris Muhammad Fais
Tebal               : 138 halaman
Ukuran              : 23 x 20 cm
Penerbit           : Frame Publishing
Tahun Terbit    : Oktober 2010

Harga              : 32.000


Pada tanggal 11 Agustus 2011 nanti, Pelukis Abu Bakar akan mengadakan pameran tunggalnya. Dan buku ini merupakan kumpulan lukisan-lukisan karya beliau.
Karya Abu bakar dapat dikatakan masih menggeluti objek pokok tradisi seni sketsa: manusia, tumbuhan dan bangunan. Namun, hasil bentuk dan isi sketsanya bukanlah terletak pada objek, tapi pada tenaga perasaan-perasaannya. Objek pokok tersebut mengalami deformasi, baik lewat simplikasi, distorsi maupun stilisasi. Corak ini didorong oleh gejolak emosi dan spontanitas yang kuat. Bahkan kemudian muncul usaha Abu Bakar untuk memaksimalkan potensi garis dan warna yang membawanya pada pemurnian objek.

Abu Bakar juga melakukan eksperimen terhadap seni sketsanya dengan beragam bahan dan teknik. Salah satunya adalah penggunaan teknik centang saring. Pada prakteknya hal ini langka dilakukan, alasannya tentu untuk menjaga kepentingan ekspresi garis. Uniknya, Abu Bakar sukses mempertahankan kekuatan ekspresi garis pada karya cetaknya.

No comments: